A. Defenisi web science
Apa yang dimaksud web
science? Web science terdiri dari dua kata yaitu “Web dan kata Science”, dimana
kata tersebut pempunyai makna yang berbeda. Website atau situs yaitu kumpulan
halaman yang menyajikan informasi berupa data, teks, gambar , suara dll. Sebuah
situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan
seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal
(LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai
URL.
Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula
sebagai World Wide Web atau
lebih dikenal dengan singkatan WWW .
Science
atau sains berkaitan dengan ilmu pengetahuan, banyak yang mendefinisikan bahwa sains itu sama dengan Ilmu
Pengetahuan. Namun menurut bahasa, sains adalah aktivitas pemecahan masalah
yang dilakukan oleh manusia yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia
sekitar mereka dan keinginan untuk memahami suatu hal atau kejadian
tersebut.
Sedangkan
yang dimaksud dengan Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan dari sebuah web, dari sebuah web
kita dapat menganalisa mengambil informasi untuk pengembangan ilmu pengetahuan
yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari.
B. Sejarah Web
Sejarah
web dimulai pada akhir tahun 80-an, ketika berbagai teknologi mulai berkembang
pembuatan web pertama di dunia, oleh Tim Bemers-Lee tahun 1991.
Awalnya Berners-Lee hanya ingin
menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau
mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program
peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee
berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan
pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari
sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW. Sejarah web juga berkaitan
dengan sejarah perkembangan teknologi computer. Karena pada awalnya tampilan
web masih sangatlah sederhana. Pada saat itu teknologi web dikembangkan dan
berjalan pada system operasi Unix masih jarang yang menggunakan teknologi
windows.
Perkembangan web
- Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi
pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah
cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada
generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan
memiliki sifat yang sedikit interaktif.
- Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama
kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web
generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara
online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web
2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan
internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami
berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut.
- Web 3.0
definisi untuk Web 3.0 sangat
beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan
Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John
Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang
efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data
online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya
Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web
yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti
manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan
digunakan oleh perangkat lunak (software agents).
C Arsitektur Komputer
Arsitektur disini dapat di artikan
sebagai konstruksi dan organisasi komponen dari system computer. Arsitektur Komputer mempelajari atribut –
atribut dari sistem komputer berhubungan dengan seorang programmer. Walaupun
komponen dasar computer sama atau hamper sama, namun terdapat variasi konstruksinya
yang merefleksikan penggunaan computer yang berbeda. Dalam hal ini,
implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan
terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan
mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram
keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von
Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.
- Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer
1.
Tingkatan
Dasar Arsitektur Komputer
Pada
tingkatan ini Hardware adalah tingkatan komputer yang paling dasar, dimana pada
hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas
hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software
dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.
2.
Multilayerd
Machine
Tingkatan dasar
arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer
keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer
software di atas beberapa layer hardware.
- KLASIFIKASI ARSITEKTUR KOMPUTER
1. Arsitektur Von
Neumann
Arsitektur von Neumann (atau Mesin
Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann
(1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit
Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil
(secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat,
“bus”.
2.
Arsitektur RISC
RICS ( Reduced Instruction Set Computer). Yaitu bagian dari
arsitektur mikroprosessor, berukuran kecil dan berfungsi untuk menyeting
istruksi dalam komunikasi diantara arsitektur yang lainnya. Reduced Instruction
Set Computing (RISC) atau “Komputasi set instruksi yang disederhanakan” pertama
kali digagas oleh John Cocke, peneliti dari IBM di Yorktown, New York pada
tahun 1974 saat ia membuktikan bahwa sekitar 20% instruksi pada sebuah prosesor
ternyata menangani sekitar 80% dari keseluruhan kerjanya. Komputer pertama yang
menggunakan konsep RISC ini adalah IBM PC/XT pada era 1980-an. Istilah RISC
sendiri pertama kali dipopulerkan oleh David Patterson,pengajar pada University
of California di Berkely.
Karakteristik RISC:
· Penggunaan mode pengalamatan sederhana,
hampir sama dengan instruksi menggunakan pengalamatan register.
· Penggunaan
format-format instruksi sederhana, panjang instruksinya tetap dan disesuaikan
dengan panjang word.
3.
Arsitektur CISC
Complex
instruction-set computing atau Complex Instruction-Set Computer (CISC)
“Kumpulan instruksi komputasi kompleks”) adalah sebuah arsitektur dari set
instruksi dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat
rendah, seperti pengambilan dari memory, operasi aritmetika, dan penyimpanan ke
dalam memory, semuanya sekaligus hanya di dalam sebuah instruksi. Karakteristik
CISC dapat dikatakan bertolak-belakang dengan RISC.
Karakteristik CISC :
·
Sarat informasi memberikan
keuntungan di mana ukuran program-program yang dihasilkan akan menjadi relatif
lebih kecil, dan penggunaan memory akan semakin berkurang. Karena CISC inilah
biaya pembuatan komputer pada saat itu (tahun 1960) menjadi jauh lebih hemat
·
Dimaksudkan untuk meminimumkan
jumlah perintah yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan.
(Jumlah perintah sedikit tetapi rumit) Konsep CISC menjadikan mesin mudah untuk
diprogram dalam bahasa rakitan
4.
Arsitektur
Harvard
Arsitektur Havard menggunakan memori
terpisah untuk program dan data dengan alamat dan bus data yang berdiri
sendiri. Karena dua perbedaan aliran data dan alamat, maka tidak
diperlukan multiplexing alamat dan bus data. Arsitektur ini tidak hanya
didukung dengan bus paralel untuk alamat dan data, tetapi juga menyediakanorganisasiinternal
yang berbeda sedemikian rupa instruksi dapat diambil dan dikodekan ketika
dan data, tetapi juga menyediakan organisasi internal yang berbeda
sedemikian rupa instruksi dapaLebih lanjut lagi, bus data bisa saja memiliki
ukuran yang berbeda dari bus alamat.
5.
Arsitektur Blue Gene
Komputer pertama dalam seri Blue Gene. Blue
Gene/L dikembangkan melalui sebuah “partnership” dengan Lawrence Livermore
National Laboratory menghabiskan biaya AS$100 juta dan direncanakan dapat
mencapai kecepatan ratusan TFLOPS, dengan kecepatan puncak teoritis 360 TFLOPS.
Blue
Gene adalah sebuah arsitektur komputer yang dirancang untuk menciptakan
beberapa superkomputer generasi berikut, yang dirancang untuk mencapai
kecepatan operasi petaflop (1 peta = 10 pangkat 15), dan pada 2005 telah
mencapai kecepatan lebih dari 100 teraflop (1 tera = 10 pangkat 12). Blue Gene
merupakan proyek antara Departemen Energi Amerika Serikat (yang membiayai
projek ini), industri (terutama IBM), dan kalangan akademi.
- Komunikasi dan Jaringan Komputer
Dunia komputer
kaya akan sumber informasi. kita membutuhkan pemindahan informasi dari satu
tempat ke tempat lain. Karena itu pada dunia komputer dikenal system komunikasi
data. Data akan ditransmisikan dari suatu tempat ke tempat lain yang membutuhkan.
Jenis Transmisi Data :
1. On-Line; segala transmisi yang menguhungkan langsung
ke komputer dengan diatur komputer.
2. Off-line ; yaitu komunikasi
tidak langsung ke komputer melainkan ditulis terlebih dahulu ke dalam tape,
disk dan lainnya. Sistem ini tidak interaktif ini disebabkan tidak adadanya
komputer yang dihubungkan pada lokasi dimana data dikirimkan, sehingga tidak
ada data tanggapan data tersebut telah diterima.
Gangguan Transmisi :
1. Noise, yaitu
sinyal random tak diperlukan (terserap)
oleh
channel
tersebut. Kualitas channel bisa dinyatakan menurut signal – to –
noise ratio
(rasio sinyal terhadap noise)nya, yang ini diukur dalam
decibel, dB
semakin rendah nilainya maka akan semakin baik.
2. Distorsi ,
yaitu perubahan pada bentuk sinyal yang disebabkan oleh
sesuatu seperti
absorpsi (penyerapan) sinyal 9attenuation) dan delay
oleh media.
- MODEL-MODEL KOMPUTASI ARSITEKTUR KOMPUTER
A. SISD
Merupakan singkatan dari Single Instruction, Single Data adalah satu-satunya
yang menggunakan arsitektur Von Neumann. Ini dikarenakan pada model ini hanya
digunakan 1 processor saja. Beberapa contoh komputer yang menggunakan model
SISD adalah UNIVAC1, IBM 360, CDC 7600, Cray 1 dan PDP 1.
B. SIMD
Merupakan
singkatan dari Single Instruction, Multiple Data. SIMD menggunakan banyak
processor dengan instruksi yang sama, namun setiap processor mengolah data yang
berbeda. Sebagai contoh kita ingin mencari angka 27 pada deretan angka yang
terdiri dari 100 angka, dan kita menggunakan 5 processor. Beberapa contoh
komputer yang menggunakan model SIMD adalah ILLIAC IV, MasPar, Cray X-MP, Cray
Y-MP, Thingking Machine CM-2 dan Cell Processor (GPU
- MISD
Merupakan singkatan dari Multiple
Instruction, Single Data. MISD menggunakan banyak processor dengan setiap
processor menggunakan instruksi yang berbeda namun mengolah data yang sama.
- MIMD
Merupakan singkatan dari Multiple
Instruction, Multiple Data. MIMD menggunakan banyak processor dengan setiap
processor memiliki instruksi yang berbeda dan mengolah data yang berbeda.
SUMBER:
silvia.staff.gunadarma.ac.id
https://sumberbelajarangga.wordpress.com/2012/12/10/arsitektur-komputer/
0 komentar:
Posting Komentar