Kamis, 22 September 2016

PELUANG USAHA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

Badan Usaha Yang Berkaitan Di Bidang IT



Perkembangan teknologi sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi.
Perkembangan teknologi mempermudah mendapatkan sebuah informasi dari berbagai hal salah satunya peluang usaha di bidang Teknologi Informasi yang dapat ditemukan di beberapa sumber diantaranya media cetak, artikel, internet dll.
Peluang usaha memungkinkan dalam beberapa jenis usaha yang dapat ditentukan oleh kebiasaan (hobi), hobi yang di miliki seseorang dapat dikembangkan dengan beberapa inovasi  dan kreativitas sehingga menjadi peluang usaha yang mungkin dapat di promosikan di bidang teknologi informasi. Peluang usaha dapat dimanfaatkan dengan beberapa cara antara lain:
·       
  1.         Menciptakan produk baru dan berbeda
  2. ·       Mengamati pintu peluang
  3. ·       Analisis produk dan proses produksi secara
  4.         mendalam
  5. ·       Menaksir biaya awal
  6. ·       Memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi


A.    MENCARI INFORMASI PELUANG USAHA BIDANG TI

Peluang usaha dapat dijadikan sebuah awal dari tahapan dalam memulai usaha,  dengan mengetahui kebutuhan pasar dan harga dapat bersaing memungkinkan peluang usaha tersebut dapat berjalan dengan baik dan kondisi usaha yang dijalankan dapat memenuhi target sehingga dapat        menguntungkan dari segi biaya. Perkembangan teknologi menjadi suatu peluang dalam memasarkan produk ataupun jasa yang dapat ditawarkan melalui internet dengan berbagai fasilitas yang ada misalnya melalui media social, web, blog dll. Berikut Proses Proses Mencari Informasi peluang usaha:

  •          Informasi tentang kepribadian dan kemampuan dirinya -> Temukenali Diri Anda
  •          Peluang yang dapat diraih
  •          Kebutuhan dan keinginan konsumen
  •          Lingkungan yang dihadapi
  •          Situasi persaingan
  •           Dukungan dan trend kebijakan pemerintah
B.   Tahapan  Pengembangan  Usaha

Tahapan pengembangan usaha merupakan bagian dari suatu proses dalam usaha itu sendiri dimana persiapan yang matang dan perencanaan yang tepat  serta tekad yang kuat menjadi suatu hal yang harus ada dalam memulai usaha dan ketika usaha telah berjalan di butuhkan suatu tekad atau komitmen dalam mengambil masalah ataupun kebijakan yang ada sehingga usaha tersebut dapat dapat berjalan dengan sesuai yang diharapkan. Tahapan pengembangan usaha dapat dilihat secara beberapa tahap seperti berikut;


C.   Sumber Ide Usaha
Sumber merupakan hal yang dapat diperoleh dari beberapa orang ataupun pengalaman seseorang yang sudah memulai sehingga menjadikan refrensi buat pemula. Sumber ide usaha yang ada biasanya diperoleh dari diri sendiri ketika melakukan inovasi yang ada sehingga produk yang di jual berbeda dengan yang lain. Inovasi muncul ketika hobi yang dijalani dalam melakukan hobi biasanya muncul ide yang terpintas untuk melakukan inovasi ataupun modifikasi dari suatu barang. Keahlian merupakan hal yang ada dalam sumber ide usaha dengan pengalaman dan inovasi yang sudah dibuat merupakan modal dalam seseoarng dalam ahli dalam bidangnya.
Usaha yang telah ada sebelumnya merupakan ide usaha selanjutnya yaitu usaha warisan yang telah ada sebelumnya yang harus dapat dikembangkan oleh penerus usaha. Terakhir adalah Menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yang merupakan target dari penjualan produk.

D.   Perkembangan Bisnis TI Dunia  
Perkembangan bisnis dunia dimulai dari segi kelompok mulai dari pertanian, teknologi, mesin, media dll.  Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
      Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
TIK pun sekarang digunakan di bidang ekonomi, upaya keras dari pemerintah untuk membangun sarana dan fasilitas teknologi informasi dan telekomunikasi di Indonesia bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan interakasi ekonomi-sosial masyarakat dan sektor produksi. Oleh sebab itu pemerintah berupaya keras untuk memperluas jangkauan layanan telekomunikasi sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Instrumen yang digunakan selama ini adalah melalui badan usaha operator telekomunikasi yang melakukan usaha/bisnis layanan telekomunikasi melalui layanan fixed line, seluler, atau satelit. Secara teknis cara ini telah berhasil membuat fasilitas telekomunikasi menjangkau seluruh wilayah geografis Indonesia (dari Sabang sampai Merauke). Namun keterjangkauan teknis-geografis ini tidak membuat sistem telekomunikasi terjangkau bagi masyarakat, yang merupakan sasaran utama.
didalam perkembangan bisnis di dunia it sendiri terdapat jenis dan tipe bisnis Terdapat 2 macam bisnis informatika yaitu produk dan jasa.
1. Produk
  • Hardware / Perangkat Keras
  • Software / Perangkat Lunak
2. Jasa
  • Aplikasi
  • e-commerce
  • Infrastruktur informasi dan komputer
Software
Adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak. Biasanya menerima pemesanan software sesuai kebutuhan perusahaan yang membutuhkan.
Infrastruktur
Adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
ecommerce
Internet berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk jasa, lapangan pekerjaan bidang manajerial dan professional.
E-commerce dapat didefinisikan dari beberapa perspektif :
  1. Komunikasi : pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan computer atau sarana electronic lainnya.
  2. Perdagangan : penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi untuk internet atau fasilitas online lainnnya.
  3. Proses Bisnis : menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis dengan informas
  4. Layanan : cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen. 
SUMBER :
 http://dody_pernandi.staff.gunadarma.ac.id
 http://davidyogaa.blogspot.co.id/2015/01/peluang-usaha-di-bidang-it.html

0 komentar:

Posting Komentar