Minggu, 13 November 2016

Defenisi E-Government, E-Business, E-Learning, E-Employment, E-Environment, E-Agriculture, E-Agriculture dan E-Science


1.Pengertian E-Government

E-Government merupakan kependekan dari elektronik pemerintah. E-Governtment biasa dikenal e-gov, pemerintah digital, online pemerintah atau pemerintah transformasi.
E-Government adalah Suatu upaya untuk mengembangkan penyalenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Atau E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.
Ada tiga model penyampaian E-Government, antara lain :
a. Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C)
Adalah penyampaian layanan publik dan informasi satu arah oleh pemerintah ke masyarakat, Memungkinkan pertukaran informasi dan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah,
contohnya G2C : Pajak online, mencari Pekerjaan, Layanan Jaminan sosial, Dokumen pribadi (Kelahiran dan Akte perkawinan, Aplikasi Paspor, Lisensi Pengarah), Layanan imigrasi,
Layanan kesehatan, Beasiswa, penanggulangan bencana.
b. Government-to-Business (G2B)
Adalah transaksi-transaksi elektronik dimana pemerintah menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan bagi kalangan bisnis untuk bertransaksi dengan pemerintah.Mengarah kepada pemasaran produk dan jasa ke pemerintah untuk membantu pemerintah menjadi lebih efisien melalui peningkatan proses bisnis dan manajemen data elektronik. Aplikasi yang memfasilitasi interaksi G2B maupun B2G adalah Sistem e-procurement.
Contoh : Pajak perseroan, Peluang Bisnis, Pendaftaran perusahaan, peraturan pemerintah (Hukum Bisnis), Pelelangan dan penjualan yang dilaksanakan oleh pemerintah, hak paten merk dagang, dll
c. Government-to-Government (G2G)
Adalah Memungkinkan komunikasi dan pertukaran informasi online antar departemen atau lembaga pemerintahan melalui basisdata terintegrasi.
Contoh : Konsultasi secara online,blogging untuk kalangan legislative, pendidikan secara online, pelayanan kepada masyarakat secara terpadu.

        2. Pengertian E-Business

Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
    
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.

Perbedaan antara E-Commerce dan E-Business :
- E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
- E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
- E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
- E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.

3. Pengertian E-Learning

E-learning adalah suatu konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Berikut beberapa pengertian E-learning dari berbagai sumber:

Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran (Michael, 2013:27).
Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010).
Sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa (Ardiansyah, 2013).
Manfaat E-learning


Manfaat E-learning adalah:
Fleksibel. E-learning memberi fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses perjalanan.
Belajar Mandiri. E-learning memberi kesempatan bagi pembelajar secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajar.
Efisiensi Biaya. E-learning memberi efisiensi biaya bagi administrasi penyelenggara, efisiensi penyediaan sarana dan fasilitas fisik untuk belajar dan efisiensi biaya bagi pembelajar adalah biaya transportasi dan akomodasi.
E-Learning bisa mencakup pembelajaran secara formal maupun informal. E-Learning secara formal, misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dandisusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-Learning danpembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya, atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahan konsultan) yang memang bergerak di bidang penyediaan jasa e-Learning untuk umum.

      4.  Pengertian E-Health

E-health adalah aplikasi internet atau teknologi lain yang berkaitan di industri pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan akses, efisiensi, efektivitas, dan kualitas dari proses medis dan bisnis, yang melibatkan organisasi pelayanan medis (rumah sakit atau klinik), praktisi medis (dokter atau terapis), laboratorium, apotek, asuransi, dan pasien sebagai konsumen.

Solusi yang ditawarkan e-health meliputi produk, sistem, dan layanan, sebagai contoh : informasi kesehatan, rekam medis elektronik, layanan pembelian obat, sistem komunikasi antar pengguna, dan informasi lainnya terkait pencegahan penyakit, diagnosa, perawatan, monitoring kesehatan, dan manajemen gaya hidup.
Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk menilai kualitas dari sebuah situs e-health :

1. Security (keamanan)
Situs e-health yang baik harus memiliki tingkat sekuritas tinggi, karena data yang diolah dan ditransmisikan adalah data yang bersifat rahasia (confidential).

2. Privacy (privasi)
Hak akses setiap user harus diatur untuk menjaga privasi setiap user karena data yang disimpan bukan merupakan data umum yang dapat dipublikasikan ke setiap user.

3. Content (isi)
Isi dari situs harus akurat, lengkap, dan menyediakan informasi yang tepat sasaran.

4. Credibility (kredibilitas)
Kredibilitas meliputi sumber dari data, penulis, sponsor, nilai dari informasi, relevansi dan kegunaan dari informasi.
 
5. Interactivity (forum interaktif)
Forum interaktif meliputi pembangunan mekanisme feedback(umpan balik) dan saluran untuk bertukar informasi antar user e-health.

6. Disclosure (kejelasan)
Situs e-health harus menginformasikan kepada user tujuan dari situs, fitur yang tersedia, dan manfaat yang dapat diperoleh userdari situs tersebut

7. Design (Desain)
Desain situs harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya : kemudahan dalam mengakses, navigasi yang tidak membingungkan, dan fitur searching yang memadai.

5. Pengertian E-Employment

Employment adalah suatu hal yang berhubungan semuanya dengan kerja, entah itu pekerjaannya, tempat kerjanya, lapanga kerjanya, lamaran kerja dan lain-lainnya. Jadi Employment selalu berhubungan dengan pekerjaan. E-Employment adalah suatu hubungan yang memanfaatkan teknologi dengan memanfaatkan sebuah jaringan internet ataupun media social yang berkaitan dengan kerja, baik lapangan kerja, tenaga kerja dll yang memberikan informasi melalui teknologi tersebut.

E - Employment seperti situs MyJob.co.id ikut mendukung tergeraknya perekonomian nasional karena turut meningkatkan kehidupan masyarakat dengan membantu mereka dalam mencari pekerjaan dan mengarahkan masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian di bidang mereka masing-masing.

MyJob.co.id berada di bawah naungan PT. Diagonal Indonesia yang membantu perusahaan dan konsultan SDM untuk mendapatkan orang-orang berkualitas tinggi dengan cara yang mudah dan hemat biaya. MyJob.co.id juga merupakan bursa pekerjaan yang efisien dan terpercaya bagi para pencari kerja. Berdiri sejak April 2011, MyJob.co.id telah mengembangkan bursa lowongan kerja online di Jakarta.

6. Pengertian E-Environment

Environment yang berarti lingkungan (lingkungan hidup, lingkungan keluarga, lingkungan desa dan sebagainya). e-Environment (elektronik environment) merupakan pengembangan teknologi dan informasi guna melestarikan lingkungan. Keuntungan dari e-Environment adalah bisa membantu melestarikan lingkungan yang ada di negara ini, dapat mempromosikan kekayaan alam yang dimiliki oleh masing-masing daerah dan dapat ikut serta dalam program pelestarian alam.

Kelebihan e-environmet
dapat membantu melestarikan lingkungan hidup
dapat mempromosikan kekayaan alam yang dimiliki oleh masing-masing daerah
Penginformasian dapat mencakup masyarakat luas (seluruh dunia)
 
Kekurangan e-environmet
. kurang adanya sosialisasi dari hadirnya e-environment
Sosialisasi memegang peranan penting dalam pencapaian visi dan misi dari dibuatnya e-environment itu sendiri. Jika sosialisasinya kurang masyarakat mungkin tidak akan pernah tau apa itu e-environmet. Dengan adanya sosialisasi yang bagus masyarakat akan mengetahui visi dan misi dibentuknya e-environment sehingga apa yang diingikan dapat tersampaikan dengan baik tetapi disini sosialisasi yang dilakukan pemerintah sendiri kurang maksimal dan masyarakat tidak jarang yang tau apa itu e-environmet masyarakat

· Kurang adanya efek animasi atau video
Biar kelihatanya lebih menarik sebuah pesan jika hanya terdiri dari kata-kata saja, akan kesulitan dalam menyampaikan pesan yang akan diperoleh oleh si pembaca. Oleh karena itu, sebuah tampilan yang menarik diselingi dengan beberapa gambar dan video akan mempermudah bagi pembaca atau masyarakat dalam menangkap pesan yang ingin disampaikan, dan jauh dari kesan membosankan. Apalagi untuk website e-environment, benar-benar membutuhkan video ataupun animasi untuk menunjukkan keadaan sebenarnya tentang kritisnya keadaan lingkungan hidup dan ekositem yang sekarang didiami manusia itu sendiri, sehingga dapat memunculkan sikap simpati bahkan empati dari masyarakat atau pembaca untuk turut merasakan betapa pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem dan lingkungan hidup itu sendiri 
.Berikut ini adalah contoh dari web E-Environment
WWF Indonesia - Global environmental conservation organization

7. Pengertian E-Agriculture

Pengertian e-Agriculture atau e-Agribusiness sendiri diambil dari definisi e (electronic) dalam konsep Information and Communication Technology (ICT), yaitu kegiatan pertanian atau agribisnis yang memanfaatkan keunggulan ICT seperti komputer, internet, piranti lunak (softwares) dan piranti keras (hardwares), radio, televisi dan perangkat IT lainnya, serta orang yang mengoperasikan ICT tersebut. Aplikasi e-Agriculture atau e-Agribusiness dapat dilakukan di semua aktivitas pertanian mulai dari kegiatan di hulu (proses produksi) sampai pada di hilir (pemasaran hasil). FAO telah memanfaatkan ICT di kegiatan network, publikasi, database dan pembuatan Web. Sebuah konsep infomasi manajeman pertanian (E-Agriculture) yang memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah ada guna membantu memecahkan dan mengatur keseimbangan produksi tanaman holtikultura dengan pemanfaatan Geografic Information System (GIS).

Kelebihan pemanfaatan E-Agriculture

1. Membantu masyarakat dibidang pertanian untuk dapat meningkatkan produksi pertanian dan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari hasil pertanian sehingga mensejahterahkan petani maupun Masyarakat yang mengkonsumsi hasil pertanian.
2. Seiring dengan meningkatkannya kualitas dari hasil pertanian juga meningkatkan kualitas hidup dari masyarakat.
3. Mempermudah berbagai informasi dan teknologi yang berkembang di bidang pertanian sehingga meningkatkan pengetahuan dan inovasi di bidang pertanian.

Kekurangan pengaplikasian E-Agriculture
1. Kebijakan pemerintah yang disosialisasikan Departemen Pertanian mengenai manajemen pengaturan produksi komoditi holtikultura di setiap daerah, belum sepenuhnya diterapkan terutama di tingkat bawah.
2. Belum adanya sistem manajemen yang terintegrasi dengan baik untuk mengatur dan merencanakan sistem pengaturan produksi yang diselaraskan dengan kebutuhan pasar secara nasional.
3. Belum ada sarana informasi untuk mengetahui adanya sebuah kalkulasi secara pasti tentang kebutuhan pasokan komoditi pertanian terutama holtikultura di setiap daerah.

8. Pengertian E-Science

E-Science adalah sebuah system dengan memanfaatkan suatu teknologi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan baik berupa informasi, metode dan penelitian yang berguna untuk pengembangan dalam suatu pembelajaran.

Contoh web E-Science



Tujuannya adalah Situs ini telah dibentuk untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang e-Science. Hal ini juga dikembangkan untuk bantuan lebih lanjut aspirasi dan ambisi mereka yang ingin lebih meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan. Pertama, kita mulai dengan garis rinci e-ilmu pengetahuan sebagai disiplin, dalam rangka untuk memberikan lingkup umum dari disiplin. Kami kemudian melihat ke tujuan keseluruhan e-Sains dan apa perbedaan mereka yang bekerja di industri dengan harapan untuk membuat.

Ini diikuti dengan melihat beberapa kelompok yang membentuk e-Science Inggris, dengan harapan lebih meningkatkan citra mereka dan membuat mereka lebih mudah diakses.Akhirnya, akan ada pemeriksaan apa masa depan untuk e-Science. Ini akan menjadi pemeriksaan silang kelompok berbagai penelitian dan niat mereka, dalam rangka untuk memahami aspirasi mereka pegang. Jika ilmu adalah untuk mengembangkan, maka kemajuan teknologi melalui e-Ilmu sangat penting.

Kelebihan E-Science :
-Dapat update info terkini dan menambah pengetahuan umum.

Kekurangan E-Science :
- Tidak ada Tutorial.





SUMBER


https://harumn01.wordpress.com/2012/11/10/e-health/


http://www.kajianpustaka.com/2014/06/pengertian-karaktiristik-dan-manfaat-elearning.html


http://rachelsantosa.blogspot.co.id/2013/05/materi-e-bisnis.html


http://tovicwew.blogspot

http://donnyhais.blogspot.co.id/2011/12/beberapa-contoh-pemakaian-elektronik.html

0 komentar:

Posting Komentar